Sabtu, 28 Februari 2009

PTN buat ...sma muhammadiyah pekanbaru

gue yang bakal jadi mentor dan guide elo supaya elo bisa tembus ke jurusan dan PTN yang elo tuju baik lewat jalur SNMPTN atau lewat jalur Ujian mandiri di tiap-tiap universitas.

Tiap minggu hampir pasti gue bakal kasih elo tips2x dan strategi2x yang gue harap bisa bener-bener ngebantu elo untuk ngewujudin cita-cita loe untuk masuk jurusan dan PTN impian loe.

Nah, untuk kali ini gue mau jelasin dulu konsep dasar tes seleksi masuk dan apa bedanya sama tes-tes lain yang pernah atau akan elo jalanin seperti tes blok, ulangan harian, atau UN.

Kenapa gue mesti ngejelasin ini dulu?? Karena konsepnya beda banget, jadi butuh strategi yang juga beda, nah kalo elo salah strategi belajar kan sayang tuh, nanti bisa aja elo di UN sukses tapi pas tes masuk PTN malah gagal, elo nggak mau dong gagal di tes masuk PTN…

Jadi gini, di dalam konsep pendidikan ada 2 jenis tes besar, yang pertama adalah tes evaluasi, dan yang kedua adalah tes seleksi…

Tes evaluasi contohnya UN dan ulangan harian atau tes formatif, tes ini tujuannya adalah seberapa jauh elo udah nguasain materi yang dikasih di kelas. Jadi tujuan dari tes ini adalah seberapa jauh sih elo udah ngerti apa yang udah dijabarin sama kurikulum nasional.

Tujuan dari jenis tes evaluasi ya jelas untuk elo, guru, atau pemerintah supaya bisa mengukur seberapa sukses sih sistem pendidikan atau sistem belajar mengajar yang diterapin di sekolah-sekolah.

Nah kalo tes seleksi itu beda lagi, dari sifat dasarnya aja udah beda banget… tujuan dari tes seleksi adalah untuk menyeleksi dari sekumpulan siswa terus diambil sebagian dari siswa-siswa tersebut.

Misalnya ITB mau nerima 1000 mahasiswa dari tes USM-ITB, terus yang ikut tes 5000 siswa, berarti ITB mengadakan tes seleksi USM-ITB untuk menyaring 1000 dari 5000 siswa.

Tujuan dari tes seleksi jelas adalah untuk menyeleksi, jadi sang penyelenggara tes berhak untuk buat soal dengan kisi-kisi atau tipe apa pun yang mereka suka yang mereka anggap bisa efektif untuk dijadiin alat saringan mereka.

OK, sekarang kalo gitu apa efeknya buat elo…

Pertama…

Tes evaluasi biasanya lebih gampang dikerjain, lebih jelas cara ngerjainnya, dan udah jelas terdeskripsikan dengan baik kisi-kisi atau tipe-tipe soalnya. Jadi pelajarannya udah jelas nih, target yang harus dipelajarin juga jelas, dan biasanya nggak butuh trik-trik atau kreativitas terlalu banyak.

Nah kalo tes seleksi, karena tujuannya adalah menyeleksi maka justru soalnya bisa bervariasi macem-macem, biasanya bahannya sih lebih sedikit dari UN, tapi variasi soalnya justru bisa lebih dasyat.

Kenapa begitu? Karena mereka mau menyeleksi siswa yang cocok dengan kriteria mereka, jadi justru mereka ngga suka kalo kisi-kisi atau tipe soalnya ketawan, yang mereka cari justru siswa yang kreatif yang bisa melakukan pemecahan masalah secara seketika dengan menggunakan konsep-konsep yang udah dipelajarin sebelumnya.

Jadi tes seleksi biasanya soalnya lebih variatif (walaupun bahannya lebih terbatas), dan yang terpenting tipe soalnya menuntut lebih banyak pemikiran kreatif dan BUKAN Cuma sekedar apal rumus atau apal cara.

Kedua

Tes evaluasi itu didesain supaya elo emang bisa ngerjain, karena materinya emang udah dipelajarin. Jadi semua orang maunya elo lulus tes evaluasi, karena semua orang berkepentingan untuk ngebuat elo lulus, ya elo, ya orang-tua loe, ya guru loe, atau pun pemerintah semuanya pengen elo lulus.

Kalo tes seleksi, sesuai namanya ya pasti ada persaingan, jadi banyak orang-orang yang berkepentingan justru untuk ngebuat elo gagal, supaya mereka menang dalam bersaing…

Jadi inti dari tes seleksi adalah PERSAINGAN!! Inget ya, konsep ini penting banget untuk dimengerti bener-bener, karena kalo UN elo misalnya dapet nilai 5 itu udah lulus, di tes persaingan standard masuk atau passing gradenya bisa berubah-ubah tiap tahunnya, tergantung dari tingkat persaingan tahun itu…

Misalnya gini, dulu masuk FKUI 60% skor udah bisa diterima, tapi sekarang bisa aja naek jadi 65%.

Trus ada lagi, biasanya elo kan seneng tuh kalo soalnya yang keluar ternyata gampang, berarti elo bisa ngerjain. Tapi jangan salah, kalo soalnya gampang ya bisa aja yang laen juga bisa ngerjain, jadinya bisa aja passing grade yang tadinya 50% naek jadi 55% karena soalnya gampang.

Dengan konsep persaingan seperti ini, berarti bisa aja elo dapet nilai 70% tapi nggak dapet jurusan yang elo mau karena yang lainnya nilainya 75% semua.

OK jadi kebayang kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar